Membuat Ekstensi File Rahasia

Diposting oleh My Village Senin, 01 Februari 2010
Ini adalah trik untuk membuat ekstensi baru tiap aplikasi. Pengantar saja bagi temen2 yang masih awam, ekstensi itu kata/huruf yang ditulis setelah ttemen2 titik untuk menunjukkan jenis aplikasi, contohnya .doc dan .rtf untuk Microsoft Word, .xls untuk Mic. Excel. Saya diberitahu trik ini oleh temen ku seorganisasi dakwah kampus ITS. Dia anak Elektro, ternyata kata2 .doc bisa saya ganti .ndora dan sebagainya sesuka kita. Ini saya coba share-kan temen2.

Fungsi/Keuntungan Membuat Ekstensi Sendiri

Kata temenku (maaf bahasanya polos, ni bisa di edit), merubah ekstensi bias membersihkan file virus, rata-rata adalah sebuah virus men-deteksi ekstensi sebuah file, misalkan ekstensi .Doc yang merupakan ekstensi Microsoft Word, .txt ekstensi file teks oleh Notepad. Untuk yang belum mengetahui ekstensi bias buka Windows Explore, kemudian pada menu diatas,.

Tool - Folder Options.. - View

- kemudian hilangkan ttemen2 centang pada Hide Extensions for know File Type Setelah itu klik Apply - OK sekarang coba temen2 lihat pada File komputer yang temen2 miliki, maka akan terlihat "namaFileTemen2.extensi" jika file tersebut adalah file microsoft word biasanya seperti ini : namaFileTemen2.doc atau namaFileTemen2.rtf atau namaFileTemen2.txt jika file dari Notepad, namaFileTemen2.mp3 (file mp3), silahkan temen2 perhatikan untuk File lainnya, jika sudah mengetahui tentang ekstensi,.

Tips and Trick

setelah mengetahui memnculkan ekstensi pada file,. sebagai contoh sekarang coba temen2 sediakan file microsoft word temen2,. misalkan temen2 memiliki file SkripsiSaya.doc ganti ekstensi nama File tersebut, caranya klik Kanan pada File -Rename - ganti dengan nama SkripsiSaya.rahasia maka file temen2 aman dari serangan virus yang menyerang file ber-ekstensi .doc simpel kan ? untuk lebih amannya silahkan temen2 buat nama ekstensi yang tidak diketahui teman teman temen2 misal namaFile.rahasiague jika pada waktu rename muncul seperti gambar berikut :



silahkan klik Yes

setelah temen2 ganti dengan ekstensi temen2 sendiri,. lha ko ga bisa dibuka dengan microsoft word ? santai,untuk membukanya temen2 tinggal mengembalikan ke ekstensi semula yaitu .doc atau ekstensi lainnya (temen2 harus ingat ekstensi aslinya sebelum mengganti dengan ekstensi sendiri). atau temen2 bisa membuka file tersebut dengan tanpa me-rename/mengembalikan ke ekstensi aslinya, caranya ?

klik kanan pada SkripsiSaya.rahasia
kemudian pilih Open maka akan muncul gambar seperti berikut :



Pilih Select the program from a list - klik OK



pilih ikon Microsoft Word

untuk membuka file yang aslinya file microsoft word beri ttemen2 centang pada always use the selected program to open this kind of file maka setiap temen2 membuka/doble klik pada SemuafileTemen2.rahasia akan otomatis membuka dengan Microsoft Word tanpa harus repot-repot melakukan klik kanan dan open with. jadi temen2 langsung membuka seperti temen2 membuka file .Doc

Tips :

jika temen2 mengganti ekstensi beberapa file dengan ekstensi temen2 sendiri,. usahakan ekstensi rahasia temen2 beda beda (dikelompokkan),. misal :

untuk semua file dengan ekstensi .doc temen2 ganti dengan .rahasia
untuk semua file dengan ekstensi .rtf temen2 ganti dengan .ndorae
untuk semua file dengan ekstensi .txt temen2 ganti dengan .sate

Demikian sedikit ilmunya, tetapi bagaimanapun juga, tidak ada sistem yang memiliki keamanan 100% kecuali sistem yang dibuat oleh Allah SWT.

Jazakallah khairan katsir.

Sebagai contoh saya merubah ekstensi pada Artikel saya yang satunya, itu ekstensinya namanya .ndora dibuka open with Mic. Word.

0 komentar:

Posting Komentar

Search:

smadav antivirus indonesia

PlaylistRingtones Create a Playlist at ndorae

.......^........ >....................<' V '>....................<
**==´¯`·­»:!!:((ndor@)):!!:«­·´¯`·==**